Lee Wilson adalah salah satu contoh peselancar sukses: Juara Indonesia 2-kali, Juara Padang Cup tahun lalu dan tentunya akan ada banyak lagi nantinya. Diantara mendapatkan barel gila dan aeriaol hebat pada perjalanan-perjalanan berselancar rahasia, Lee meluangkan waktunya sejenak untuk berbincang dengan kita tentang hidupnya, kompetisi, dan selancar bebas. Check out why Lee is the man.

 
Rip Curl 2014 Bells Beach
Billabong Boardshorts

Share this

Wawancara: Lee Wilson tentang masa lalu, masa kini dan masa depan (+ Video Baru)

Lee Wilson adalah salah satu contoh peselancar sukses: Juara Indonesia 2-kali, Juara Padang Cup tahun lalu dan tentunya akan ada banyak lagi nantinya. Diantara mendapatkan barel gila dan aeriaol hebat pada perjalanan-perjalanan berselancar rahasia, Lee meluangkan waktunya sejenak untuk berbincang dengan kita tentang hidupnya, kompetisi, dan selancar bebas.

Baru-baru ini anda menyebutkan soal ayah anda di sebuah wawancara bahwa. Apakah beliau seorang peselancar? Bagaimana anda bisa menjadi peselancar profesional Indonesia?

Ya. Ayah saya, Robert Wilson, datang kesini pada tahun 70-an. Beliau peselancar yang selalu bepergian dan akhirnya beliau begitu menyukai tempat ini sehingga beliau tinggal disini dan bertemu dengan ibu saya. Maka disinilah saya sekarang. Beliau yang memperkenalkan selancar dan lautan kepada saya dan sejak itu saya mulai mencobanya. Boggie boarding di pinggir pantai, masuk ke dalam close outs dan kini saya melakukannya untuk bertahan hidup. Biasanya beliau mencoba untuk membuat saya berselancar sampai setengah memaksa dan kala itu saya benci sekali hal itu. Hampir tenggelam dan semacamnya. Tapi kini saya berterima kasih kepada beliau.

Seperti apa rasanya tumbuh di Bali dengan semua pesta, gadis, ombak, dan para peselancar terbaik dunia?

Hidup di Bali adalah hal yang cukup gila. Selalu ada pesta setiap malam, orang-orang baru selalu datang dan pergi, dan gadis-gadis dimana-mana. Ya, itu bisa menjadi pengalih perhatian setelah beberapa saat. Maksud saya, saya telah belajar melalui hal itu. Misalnya, saya telah melampaui fakta bahwa Bali dapat menghisap anda ke dalam pusarannya dan ketika anda ingin berselancar itu akan sedikit sulit, karena bangun dengan kepala pusing sementara anda ingin sesegar mungkin dan setelah beberapa saat anda semacam berpura-pura memilih apa yang ingin dilakukan, apakah anda ingin berada di pusarannya atau anda ingin berselancar, jadi saya hanya mencoba untuk menjauh darinya. Tapi hal itu benar-benar menyenangkan.

 

Lee, anda tamat SMA di Australia, kan? Apa pentingnya pendidikan yang bagus untuk peselancar profesional dan apakah hal itu membuat perbedaan saat anda harus mencari sponsor?

Bagi saya pendidikan adalah hal terpenting di dunia ini. Ilmu pengetahuan adalah kekuatan. Saya lega menyelesaikannya di Australia. Pada saat itu saya tidak suka di sekolah dan hanya duduk diam. Bahkan saya tidak mengerti apa yang dikatakan guru saya. Namun pada akhirnya bukanlah tentang apa yang kita dapat di kelas itu melainkan apa yang kita dapat secara keseluruhan di sekolah. Itu adalah keahlian hidup dan bagaimana kita berhubungan dengan orang lain, mengetahui benar dan salah dari pergaulan kita dengan orang lain. Saya sangat berterima kasih kepada orang tua saya karena menyekolahkan saya hingga selesai. Karena untuk beberapa alasan tertentu, saya merasa baik sekarang. Saya rasa semuanya akan baik-baik saja.

Anda mendapatkan semua dukungan dari Oakley, bisa ceritakan pada kami tentang kerjasama antara Oakley dan Lee?

Oakley adalah perusahaan yang sangat mendukung saya. Mereka mengirim saya ke tempat-tempat indah dan mereka sangat membantu sekali setiap perjalanan yang saya lakukan. Dan mereka tahu saya suka berselancar bebas dan mereka hanya ingin saya mengikuti kompetisi lokal. Saya suka free surf dan saya hanya ingin melakukan hal itu. Saya hanya ingin mendapatkan barel dan melakukan lompatan setiap hari.

 

Ada rencana apa untuk 2012? Apakah kami akan melihat seorang Lee dalam QS?

Saya tidak pernah berpikir untuk berkompetisi dalam QS. Bagi saya QS itu sebuah perjudian. Kita pergi ke tempat yang jauh dan tempat itu bisa sangat dingin. Bisa saja ombaknya 1 kaki atau mungkin lebih memompa. Jika saya mempunyai suatu perusahaan yang akan mendukung 100% untuk mengikuti QS, tentu saya akan melakukannya. Menurut saya itu adalah tur yang hebat dan batu lompatan yang bagus. Tapi saat ini saya sangat bahagia dengan berselancar bebas.

Tahun ini kita memiliki beberapa perubahan dalam Indonesian Tour: Beberapa ombak kiri kelas dunia telah masuk dalam daftar dan mungkin Uluwatu. Apakah itu akan menjadikan tur ini semakin komplit?

Ya, Macaronis akan sangat mengagumkan. Saya tak sabar lagi menyelancari ombak itu. Saya menyukainya. Mungkin Macas bisa dibilang sebagai ombak kiri favorit saya di dunia. Selalu barel setelah ombaknya lepas landas dan kita bisa melakukan 20 putaran setelahnya. Uluwatu selalu menjadi tempat yang keren. Tempat yang menjadi ikon di Bali dan disana ada komunitas surfing yang cukup banyak saat ini, jadi tentunya akan ada orang yang menyaksikan kompetisi itu disana. Tapi sekarang saya sudah ngiler akan Macaronis. (NB- Comp di Uluwatu sejak itu telah dibatalkan oleh ISC dan perusahaan yang akan mendukungnya. Mungkin tahun depan?)

Apakah ada tempat tertentu yang anda ingin melihatnya dijadwalkan dalam Indonesian Tour?

Saya ingin melihat ISC kembali ke Keramas. Itu adalah ajang favoritku dan mereka berhenti membawa ajang ini kesana. Saya tak tahu sebabnya. Keramas atau kembali ke Lakey Peak.

Anda selalu bilang kalo anda ingin ada ajang QS di Indonesia. Apa yang hilang sehingga tak ada pemberhentian disana?

Saya tak yakin apa yang hilang agar kontesnya berhenti disini, terus terang saja. Kita punya pilihan ombak-ombak yang sangat konsisten di seputaran bali. Punya kerumunan, ada aliran konstan dari orang-orang yang datang dan pergi ke Bali. Untukm berpesta dan untuk menonton selancar. Kita punya akomodasi, banyak keamanan. Jika mereka punya Oakley Pro Junior disini, apa yang menjadi halangan untuk membuat ajang QS disini? Tak ada yang dapat menghentikan dunia untuk berhenti disini. Itu adalah tempat paling konsisten di dunia, kenapa tidak datang kesini dan membuat ajang terbaik di dunia? Kenapa mereka tidak membuat tur nya di Canggu? Dengan angin pasat 3 sampai 4 kaki yang membuatnya seperti x-games saja.

Sebagai penutup saja, menurut pendapatmu siapa yang akan menjadi Juara Dunia ASP 2012?

Menurut saya Kelly… Tak suka mengatakannya, maaf Kelly. Tapi menurut saya Kelly yang akan juara.

KEYWORDS:
, ,

RELATED NEWS

Foto: Gelombang Mentawai Bag. 4: Getting Shaked at Rags

Foto: Jum’at, 6 kaki di Keramas

SC-Herdy-in-MentawaiVideo: Mentawai Hollow Waves

slater-bali-SCVideo: Slater Hater Bali

Gabriel-Media-Oakley-Pro-SCVideo: Theatre of Sport – Bali

Green Bush, Mentawai, Indonésia-1 of 16Photos & Video: Mentawai’s Swell Part 3- The big Bush beauties


Share this

Add comment

MORE ON INDOSURFLIFE.COM  

INTERVIEW


SURF TIPS

ENVIRONMENT